Posted by : Unknown Senin, 01 Juli 2013

Pada postingan kali ini saya akan memberikan tips atau tutorial membuat form inputan dengan menggunakan PHP. Untuk kali ini saya akan membuat suatu form register, dalam hal ini saya akan menggunakan dreamweaver CS5 sebagai pembuat script PHP-nya , My SQL Query browser sebagai tempat penyimpanan database-nya.

Okey langsung saja..... pertama kita akan membuat database untuk menampung data yang akan kita inputkan terlebih dahulu. Misalkan saya akan membuat database login dengan tabel 'members' dengan kolom (Nama , E-mail dan Pasword), untuk tipe datay sesuai keinginan. 

Lalu setelah itu.....buatlah form inputany menggunakan Dreamweaver CS5 atau bisa juga menggunakan notepad. tuliskanlah kode berikut :

Ket : action=”insert.php” adalah file yang digunakan untuk memproses data yang dimasukkan melalui form ini. method=”post” adalah metode pengiriman data yang digunakan. Ada dua jenis menthod untuk mengirim data, yaitu post dan get. Pengiriman dengan method POST berarti bahwa variabel-variabel data tidak ditampilkan pada url, sedangkan pengiriman dengan method GET, variabel-variabel data disertakan pada url
       
Script diatas adalah untuk menyusun form register yang akan kita buat simpan pada suatu folder dan beri nama daftar.php di dalam xamp/htdocs. untuk backgroundnya bisa kita ganti sesuai gambar yang kita inginkan. setelah itu kita akan mengkonekkan form tersebut ke dalam database yang telah kita buat. Selanjutnya bikin script baru dengan nama daftar 2.php, berikut isi script-nya :

 Ket : $nama , $email , $pass : MErupakan variabel utuk menentukan letak penginputan data kita kedalam database
$query : Menentukan kdalam tabel mana kita akan memasukkan data tersebut (insert into members)

Setelah file tersebut selesai kita tinggal membuat script yang terakhir yaitu koneksi.php. script tersebut untuk memastikan pengkoneksian form tersebut ke databse yang telah kita buat tadi. contoh scriptny seperti berikut : 


Ket : $conn : untuk mementukan host dan username yang digunakan di databse kita (localhost,root)
         $pilih : Sebuah variabel untuk memilih database yang akan digunakan
 

 Setelah selesai coba panggil di browser anda http://localhost/login/daftar.php maka akan menampilkan seperti berikut :

Demikian penjelasan dari saya tentang membuat suatu form inputan dengan PHP. Semoga bermanfaat dan terimah kasih atas kunjungannya ^_^
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

PENGUNJUNGKU :

Post

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

- Copyright © SANI ARFIAN - Powered by Blogger - Designed by SANI ARFIAN -